Penyebab Pecahnya Perang Antar Umat Manusia

Posted by Ganas003 on Oktober 10, 2019 in
Umat insan hidup di bumi sudah mencapai waktu yang sangat lama, yaitu kira kira sudah ribuan tahun. Manusia hidup di bumi mulai dari komunitas kecil hingga menjadi komunitas yang banyak dan berbangsa bangsa. Manusia juga memiliki ciri dan rupa yang berbeda, mulai dari bentuk wajah, tinggi badan, warna kulit hingga bahasa yang berbeda. Manusia hidup di banyak sekali tempat, berbeda pulau, benua, arah mata angin dan iklim.
 Umat insan hidup di bumi sudah mencapai waktu yang sangat usang Penyebab  Pecahnya Perang Antar Umat Manusia
peperangan
Dengan banyak sekali perbedaan tersebut, sebagian besar insan mulai bermusuhan dan bersaing dalam kehidupannya, padahal semua umat insan berasal dari satu keturunan yaitu dari bapak Adam dan ibu Hawa. Berbagai permusuhan tersebut menjadikan peperangan yang memakan korban tidak sedikit, hingga jutaan nyawa meninggal dunia. Peperangan yang banyak memakan korban contohnya yaitu, perang dunia 1 dan 2. Dalam sebuah peperangan atau konflik, ada sebuah alasan atau lantaran yang menjadikan peperangan tersebut. Selain penyebab yang disebutkan di atas berikut ini ialah beberapa alasan atau motif dalam sebuah peperangan ...

1. Alasan ekspansi wilayah dan harta benda

Pada zaman dahulu negara masih dalam bentuk kerajaan, dan keadaan tersebut menuntut untuk ekspansi wilayah, lantaran kalau hal tersebut tidak dilakukan maka akan menjadi mangsa kerajaan lain. Jika contohnya kita diserang oleh bangsa lain dan kita kalah, maka tanah kita akan diduduki, harta kita dirampas dan kita bersama keluarga kita menjadi budak.

Tentunya hal tersebut tidak kita inginkan, maka dari itu pada zaman dahulu, semua kerajaan berlomba lomba untuk menguasai bangsa lain atau mempertahankan bangsa sendiri dari serangan bangsa lain. Penyebab tersebut ialah yang paling umum terjadi, akan tetapi seharusnya kita hidup bersama dengan tenang biar tidak ada korban yang sia sia lantaran hanya ambisi sesaat. Hal tersebut mengakibatkan peperangan antar umat insan yang berskala kecil maupun besar.

2. Alasan agama dan ideologi

Alasan yang kedua ialah alasan agama, menyerupai dalam kasus pemaksaan sebuah agama yang dianut. Seorang insan satu memaksakan pemahaman agamanya terhadap orang lain, hingga menjadikan penganiayaan bahkan pembunuhan. Hal tersebut tidaklah dibenarkan lantaran sesungguhnya insan bebas menentukan agamanya sendiri, tanpa paksaan orang lain.

Kemudian problem ideologi, teladan kasus yang terjadi yaitu ideologi komunis yang menganiaya bahkan hingga melaksanakan penyiksaan dan pembunuhan terhadap orang yang tidak sepaham. Hal tersebut sangatlah tidak dibenarkan, lantaran bahaya dan penganiayaan ialah suatu hal yang keluar dari hak seorang insan untuk menentukan untuk dirinya sendiri. Hal tersebut mengakibatkan peperangan antar umat insan yang berskala kecil maupun besar.

3. Tidak suka dengan suatu ras insan atau etnis

Masalah tersebut yang sudah terjadi yaitu seorang insan menganggap bangsa lain ialah bangsa yang rendah, yang perlu disingkirkan bahkan dilenyapkan. Seperti nazi jerman yang menganggap orang kulit gelap ialah bangsa yang rendah dan dalam kasus lainnya. Hal tersebut bahu-membahu tidaklah perlu terjadi, lantaran semua insan ialah sama dan bersaudara.

Kaprikornus janganlah kita mempermasalahkan perbedaan yang bahu-membahu ialah hal yang biasa. Maka hiduplah dengan damai, syukuri yang kita punya dan kalau kita memiliki masalah, selesaikanlah dengan jalan yang terbaik dan tanpa peperangan yang akan menjadikan kita menyesal pada akhirnya.