Kian Marak Penipuan Jual Beli Mobil Bekas Murah, Begini Cara Mudah untuk Menghindarinya

Posted by KarimGanas on November 16, 2019 in ,


Tak kalah dengan produk teknologi, faktanya sendiri ada banyak diantara produk kendaraan yang senantiasa mengalami upgrade atau inovasi terbaru. Produsen-produsen kendaraan nyatanya memang selalu mengeluarkan inovasi pada produknya dari waktu ke waktu, sehingga bukan hal yang mengherankan jika seandainya Anda bisa dengan mudah menjumpai iklan atau penawaran istimewa terkait dengan kendaraan yang baru saja hadir di pasaran, hanya saja karena dari segi fiture-fiturenya juga lebih kekinian, maka tidak dapat dipungkiri jika seandainya harga jualnya juga lebih mahal. Sehingga kemudian beberapa konsumen lebih prefer dalam membeli mobil bekas.

Mobil second harganya memang lebih murah, karena sudah mengalami depresiasi harga, namun tidak serta merta kondisinya selalu buruk, mengingat faktanya jika Anda selektif dalam memilih, maka nantinya bisa mendapatkan produk berkualitas baik, dengan harga yang lebih murah pastinya. Hanya saja terkadang resiko-resiko pembelian mobil murah ini juga ada, termasuk seperti beberapa waktu belakangan ini banyak orang yang tertipu dengan modus jual beli mobil murah.

Uang sudah masuk namun barang yang diinginkan tak kunjung didapatkan. Pastinya Anda sendiri tidak ingin sampai mengalami hal serupa bukan. Untuk itulah maka berikut ini ada beberapa tips yang dapat diterapkan, yaitu:

  1. Kenali jenis mobil yang diinginkan dan harga pasaran yang ditawarkan, meskipun ada yang memberikan penawaran harga mobil bekas murah, namun pastinya tetap ada kisarannya, karena jika nilainya terlalu murah atau mencurigakan, tentu penjual tidak akan bisa mendapatkan keuntungan apapun bukan. Logikanya seperti ini, orang bisnis tujuan utamanya adalah mendapatkan keuntungan dan tidak mau rugi, jika ada yang menawarkan harga terlalu murah, bahkan tidak wajar, maka bisa jadi ini masuk sebagai salah satu modus penipuan, jadi harus berhati-hati.
  2. Kenali juga rekam jejak dari dealer tersebut, reputasi dari penjual juga jadi hal penting yang hendaknya Anda pertimbangkan, karena memang dari sini nantinya Anda dapat menilai apakah penjual tersebut terpercaya ataukah tidak, resiko membeli kendaraan dari orang yang tidak terpercaya juga sangatlah tinggi. Jikapun ingin membelinya secara online maka lihat review dari situs tersebut apakah aman ataukah tidak.
  3. Pastikan untuk mengecek kendaraan secara langsung, jangan asal percaya dengan modus penjualan online, yaitu penjual harus mentransfer sejumlah uang terlebih dahulu baru nantinya kendaraan akan dikirim, pembelian kendaraan apalagi mobil ini pada dasarnya termasuk hal yang sangat riskan, apalagi dilakukan secara online, untuk itu akan jauh lebih aman jika seandainya Anda mengecek terlebih dahulu kondisinya, lakukan COD, lihat barang, cek mesin dan test drive agar tidak sampai kecewa.
  4. Pastikan semua surat atau berkas-berkas dokumen lengkap, ini juga termasuk hal penting yang harus Anda lakukan, karena takutnya kendaraan yang dibeli tersebut adalah hasil curian atau mungkin mobil selundupan. Jadi lingkupan setiap dokumen mulai dari STNK sampai dengan BPKB juga harus dicek kembali, pastikan ia adalah pemilik asli kendaraan tersebut atau paling tidak sudah dipindah nama. Jadi akan menjamin keamanan.
 Dengan menerapkan 4 kiat di atas, maka nantinya Anda dapat terhindar dari modus penipuan jual beli mobil bekas. Bagaimanapun sebagai konsumen tentunya Anda ingin membeli kendaraan terbaik dengan harga murah, namun juga harus berhati-hati karena nyatanya resikonya terbilang tinggi. Jangan asal beli karena harga murah, pertimbangkan juga beragam jenis aspek lainnya.